Pengertian Organisasi
Organisasi
adalah suatu sistem kerja sama antar dua orang atau lebih yang secara sadar
dimaksudkan untuk mencapai tujuan bersama. Organisasi secara sederhana juga
dapat didefinisikan sebagai kumpulan orang-orang yang ingin melakukan hal-hal
tertentu, dengan cara-cara tertentu guna mencapai tujuan tertentu secara bersama-sama. Jadi apabila orang-orang
berkumpul menjadi satu, dan kemudian mereka berkumpul secara formal mencapai
persetujuan untuk mengkombinasi upaya mereka untuk mencapai tujuan bersama,
maka hasilnya berupa sebuah organisasi.
Dengan
pengertian ini maka yang dapat dikategorikan sebagi organisasi adalah suatu
bentuk yang memenuhi karakteristik sebagai berikut:
- adanya dua orang atau lebih;
- adanya tujuan yang ingin dicapai secara bersama;
- individu yang terikat dalam organisasi tersebut meiliki kemauan dan kemampuan untuk saling bekerja sama;
- terjadi komunikasi antara individu yang terikat dalam kerja sama
Setiap
organisasi berlandaskan sejumlah manusia; tiada organisasi dapat eksis tanpa
manusia. Organisasi-organisasi memiliki suatu tujuan, yang mengarahkan
upaya-upaya orang-orang di dalam organisasi demikian, menuju ke arah tujuan
tertentu, walaupun tujuan-tujuan para individu pada organisasi tersebut mungkin
berbeda. Organisasi secara sadar menstruktur aktivitas-aktivitas anggotanya
dengan jalan membagi tugas-tugas antara mereka, dan mengembangkan sebuah sistem
untuk mengkoordinasi mereka. Akhirnya dapat dikatakan bahwa setiap organisasi meiliki
suatu batas yang jelas, yang menyatakan siapa saja berada di dalamnya dan siapa
saja berada di luarnya.
Jika kita
ingin membangun sebuah organisasi seperti sebuah klub sepak bola yang selalu
menang, pertama-tama kita harus mencari tahu apa yang membuat mereka bisa
berhasil. Klub-klub sepak bola yang berhasil, memiliki karakteristik seperti
berikut:
- Kohesi, berarti kepaduan. Itu berarti para anggota menempatkan kepentingan kelompok di atas kepentingan mereka sendiri.
- Kerjasama kelompok, berarti bekerja bersama-sama untuk memaksimalkan kekuatan individu para anggota kelompok dan meminimalkan kelemahan mereka.
- Semangat juang tinggi, merupakan sebuah perasaan terdalam tentang kesejahteraan yang tidak bergantung pada faktor luar.
- Semangat korp, berasal dari sebuah kata Perancis yang berhubungan dengan semangat juang organisasi sebagai sebuah kesatuan.
Ciri-ciri umum organisasi
Edgar H. Schein, seorang
psikolog keorganisasian terkenal berpendapat bahwa semua organisasi memiliki
empat macam ciri atau karakteristik sebagai berikut:
- Koordinasi upaya;
- Tujuan umum bersama;
- Pembagian kerja;
- Hirarki otoritas
Koordinasi upaya
Seringkali
kita mendengar pernyataan bahwa : dua “kepala” lebih baik dibandingklan dengan
satu “kepala”. Para individu yang bekerja sama dan mengkoordinasi uapaya mental
atau fiskal mereka dapat mencapai banyak hal yang hebat, dan yang menakjubkan.
Perhatikan saja piramida-piramida di Mesir, tembok besar di R.R.C sebagai
contoh. Seluruh karya tersebut jauh melampaui bakat dan kemampuan seorang individu
tunggal. Koordinasi upaya memperbesar kontribusi-kontribusi individual.
Tujuan umum bersama
Koordinasi
upaya tidak mungkin terjadi, kecuali apabila pihak yang telah bersatu, mencapai
persetujuan untuk berupaya mencapai sesuatu yang merupakan kepentingan bersama.
Sebuah tujuan umum bersama, memberikan kepada anggota sesuatu organisasi sebuah
rangsangan untuk bertindak.
Pembagian kerja
Dengan jalan
membagi-bagi tugas-tugas kompleks menjadi pekerjaan yang terspesialisasi, maka
suatu organisasi dapat memanfaatkan sumber-sumber daya manusianya secara
efisien. Pembagian kerja memungkinkan para anggota organisasi-organisasi
menjadi lebih terampil dan mampu karena tugas-tugas terspesialisasi
dilaksanakan berulang-ulang. (Catatan : ingat bahwa over-spesialisasi dapat
menyebabkan timbulnya perasaan bosan dan sikap menentang).
Hirarki otoritas
Menurut teori
organisasi tradisional, apabila ingin dicapai sesuatu hasil melalui upaya
kolektif formal, maka harus ada orang yang diberi otoritas untuk melaksanakan kegiatan
agar tujuan-tujuan yang diinginkan dilaksanakan secara efektif dan efisisen.
Para teoritisi
organisasi telah merumuskan otoritas sebagai hak untuk mengarahkan dan memimpin
kegiatan-kegiatan pihak lain. Tanpa hirarki otoritas yang jelas, koordinasi upaya
akan mengalami kesulitan bahkan kadang-kadang tidak mungkin dilaksanakan.
Akuntabilitas juga dibantu, apabila orang-orang bekerja dalam apa yang
seringkali dinamakan rantai komando (The Chain of Command).
Mengapa Organisasi Penting?
Dalam sebuah
organisasi kita diajarkan bagaimana menjadi pemimpin. Dalam organisasi kita
belajar bagaimana membuat rencana atau program agar tercapai maksud dan tujuan
kita dengan cara yang efektif dan efisien. Disini kita diajarkan bukan hanya
mewujudkan nilai-nilai ajaran agama
seperti jujur dan ikhlas, tapi
lebih dari itu kita diajarkan bagaimana agar memiliki sikap berani, tegas, adil
dan arif serta bijaksana. Melalui organisasi kita dilatih untuk dapat
memberikan manfaat kepada orang lain. Kita diajarkan bagaimana kita bisa
menolong orang, membantu mereka yang berada dalam kesulitan dan kesusahan, dan
lain sebagainya. Bukankah nabi katakan bahwa “sebaik-baik manusia adalah
yang dapat memberikan manfaat kepada manusia yang lainnya”. Dengan
organisasi, baik tujuan agama, negara, bangsa maupun pribadi akan lebih mudah
diwujudkan.
Bagi pelajar sendiri,
berorganisasi menjadi suatu hal sangat penting dan berharga agar nilai-nilai agama ataupun
sikap-sikap yang baik dapat tumbuh dan berkembang sejak di bangku sekolah. Pada
usia pelajarlah sesungguhnya saat yang sangat tepat untuk menumbuhkembangkan
nilai-nilai tersebut. Jadi kalau di bangku sekolah diajarkan pelajaran
Matematika dan ilmu-ilmu eksakta yang hakikatnya mengajarkan kejujuran pada
kita, pelajaran PPKN mengajarkan bagaimana kita hidup bermasyarakat, pelajaran
agama mengajarkan kepada kita untuk patuh kepada Allah SWT, Nabi dan orang tua
kita, maka melalui organisasi nilai-nilai yang terkandung pada mata pelajaran
tersebut akan lebih mudah diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi,
mulailah berorganisasi sejak dini, sejak di bangku sekolah atau kuliah! Atau
kita akan terlambat, dan menyesal nanti.
Posting Komentar